Mechatro Store - Jual Motor DC Torsi Besar, Stepper Motor, Motor Servo, Motor Brushless, Solenoid Valve kondisi Baru / Bekas Murah

Jenis, Fungsi dan Prinsip Kerja Motor Servo

28 July 2018 - Kategori Blog

Banyak orang menggunakan motor servo, namun banyak juga yang belum mengerti Jenis, Fungsi dan Prinsip Kerja Motor Servo itu sendiri. Yuk belajar lebih mendalam ! Motor listrik terbagi menjadi dua jenis yaitu motor AC dan motor DC, secara umum motor AC memang memiliki desain yang lebih besar dari motor DC. Namun, hal tersebut tidak membuat salah satu jenis motor listrik ini tidak disukai oleh banyak orang. Sekarang ini memang motor listrik yang sedang terpopuler adalah motor servo dengan berbagai jenisnya yang menarik. Nah, apa itu motor servo? Banyak orang menyebutnya sebagai salah satu jenis motor DC yang diaplikasikan dalam bidang robotik, jadi biasanya motor servo ini digunakan pada persendian robot.

Hal tersebut dikarenakan motor servo mampu berputar searah dan berlawanan dengan jarum jam yang memiliki umpan balik tertutup dari bagian motor DC, rangkaian kontrol, potensiometer dan serangkaian gear. Kesemua bagiannya tersebut memang sangat mendukung sistem kerja dari motor servo karena jenis motor ini memang tidak berdiri sendiri melaikan harus ada bagian ataupun komponen yang melengkapinya. Ketahuilah bahwa dengan kemampuan berputar searah ataupun berlawanan dengan jarum jam maka tak heran jika motor servo sering digunakan sebagai lengan robot dan kaki.

Prinsip Kerja Motor Servo

 

PENTING !
Jika Anda sedang membutuhkan komponen motor servo bisa kunjungi
 https://mechatro.co.id/jual-motor-servo

Jenis Jenis Motor Servo

Sama seperti jenis motor yang lainnya motor Servo juga memiliki berbagai jenis dengan kemampuan dan fungsinya masing-masing, mari simak penjelasannya berikut ini.

  • Motor Servo Standar 180 Derajat

Motor Servo Standar dengan 180 derajat merupakan salah satu jenis motor yang memiliki kemampuan berputar searah ataupun berlawanan dengan jarum jam. Sesuai dengan jenisnya, maka motor ini memang memiliki kemampuan difleksi hingga 180 derajat dengan perhitungan masing-masing sudutnya 90 derajat untuk bagian kanan-kiri-bawah-atas. Untuk jenis model motor servo yang satu ini memang sering digunakan sebagai penggerak pergelangan kaki atau tangan pada robot karena kemampuannya yang dapat berputar.

  • Motor Servo Continous

Untuk jenis motor servo continous juga memiliki kemampuan yang sama dengan motor servo standar 180 derajat yaitu sama-sama memiliki kemampuan berputas searah maupun berlawanan dengan jarum jam. Perbedaan antar keduanya adalah motor servo continous tidak memiliki sudut difleksi sehingga dapat berputar secara kontinyu. Dengan demikian jenis motor servo yang satu ini juga sering kali digunakan sebagai penggerak pergelangan kaki ataupun tangan pada sebuah robot dengan kemampuan berputarnya secara kontinyu tidak membentuk sudut difleksi.

Fungsi dari Motor Servo

Fungsi dari motor servo sebenarnya sangatlah banyak selain sering kali digunakan sebagai penggerak pergelangan kaki ataupun tangan pada sebuah robot, ternyata motor servo juga mampu diaplikasikan menjadi alat industrial karena beberapa kelebihan yang dimilikinya. Selain memiliki kelebihan, motor servo juga memiliki kekurangan.

Kelebihan Motor Servo Sesuai dengan Fungsinya

  • Tidak Bergetar Saat Digunakan

Motor servo ini merupakan jenis motor yang sangat bagus untuk diterapkan di komponen robot. Mesin ini sangatlah minim atau bahkan tidak ada getaran ketika digunakan. Dengan kelebihan tersebut, maka robot akan dapat berjalan dengan mulus atau halus pada akhirnya kesempurnaan dari robot tersebut dapat dikatakan mendekati sempurna.

  • Daya yang Dihasilkan Sesuai dengan Ukuran Motor

Ketika Anda menggunakan motor jenis servo, dapat dipastikan motor ini akan memberikan kepuasan yang maksimal. Selain mesin ini tanpa getaran ketika digunakan, mesin ini juga dapat menghasilkan daya yang sesuai dengan ukuran motor sehingga tidak menimbulkan over pada daya yang dihasilkan.

  • Memiliki Sistem yang Banyak Digunakan pada Perangkat Elektronik

Motor ini memiliki sistem umpan balik loop. Umpan balik loop sendiri ternyata bnyak digunakan atau di terapkan pada alat elektronik rumah tangga seperti kulkas dan setrika. Tidak hanya itu tentunya, masih banyak alat elektronik lain yang menggunakan sistem loop.

Kekurangan Motor Servo Sesuai dengan Fungsinya

  • Harga Mahal

Motor jenis servo memiliki kekurangan dari segi harganya. Harga motor servo yang cukup tinggi di pasaran menjadikan kekurangan pada motor jenis ini. Harga yang mahal ini akan menjadi sebuah masalah besar bagi sebagian orang yang memiliki dana terbatas. Untuk harga motor ini sebenarnya menyesuaikan dengan jenisnya, ada yang harganya puluhan ribu, ratusan ribu, bahkan lebih dari itu.

  • Bentuknya Besar

Bentuk dari motor servo cukup besar sehingga menjadi masalah ketika space untuk kpenempatan komponen memiki keterbatasan. Karena bentuknya yang besar sehingga penggunanya haruslah menyiapkan space yang longgar hanya untuk memasang komponen motor server ini.

Prinsip Kerja Motor Servo dan Bagian dari 

Sebenarnya prinsip kerja motor servo tidak jauh berbeda dengan jenis motor DC yang lainnya, hanya saja prinsip paling utama yang dimiliki dari motor Servo adalah mampu berputar searah ataupun berlawanan jarum jam. Berikut ini prinsip kerja dari motor servo, mari simak penjelasannya berikut ini.

Prinsip Kerja Motor Servo

  • Bekerja Searah ataupun Berlawanan Jarum Jam

Berbeda dengan prinsip kerja yang dimiliki motor DC, jika pada motor DC hanya dapat bekerja menghasilkan putaran searah jarum jam saja maka pada prinsip kerja motor servo yaitu dapat bekerja searah jarum jam maupun arah sebaliknya atau berlawanan dengan arah jarum jam.

  • Prinsip Kerja Motor Servo Dapat Dikontrol

Motor servo memiliki prinsip kerja yang dapat dikontrol dengan mudah, sistem kontrol dari motor servo sendiri disebut dengan loop tertutup, sehingga mudah diatur untuk memastikan atau menentukan posisi sudut dari poros output motor. Penggunan loop pada kontor motor servo juga berfungsi untuk mengotrol posisi akhir dan gerakan dari poros motor servo.

Contoh dari penggunan sistem umpan balik loop sendiri tidak hanya dapat kita temukan di motor servo saja. Kita juga dapat menemukan sistem umpan balik loop pada perangkat rumah tangga seperti kulkas, AC, Setrika, dan masih banyak lagi perangkat rumah tangga yang menggunakan sistem umpan balik loop.

  • Bekerja Dengan sinyal PWM

Motor servo bekerja menggunakan sinyal PWM (Pulse Wide Modulation) atau dalam bahasa Indonesia motor servo bekerja dengan sinyal modulasi lebar pulsa melalui kabel kontrol. Dengan menggunakan sinyal tersebut, akan berfungsi menentukan posisi sudut putaran dari poros motor servo.

  • Poros Motor Bertahan pada Posisinya

Agar poros motor servo tetap bertahan pada posisinya kendali sinyal lebar pulsa harus diatur atau diulang setiap 20 ms (mili detik). Jika tidak dilakukan hal yang demikian motor servo tidak akan bertahan pada posisinya untuk selamanya.

  • Bagian-bagian dari Motor Servo

Sebagai sebuah motor, motor servo juga terdiri dari beberapa bagian yaitu, motor DC, gear, potensiometer, dan rangkaian sistem kontrol. Fungsi dari komponen gear pada motor servo yaitu berfungsi untuk memperlambat putaran utama kemudian juga dapat meningkatkan torsi putaran pada motor servo. Kemudian fungsi potensio meter yaitu sebagai penentu batas putaran utama pada motor servo dan untuk merubah hambatan atau resistansi.

Demikian merupakan penjelasan mengenai jenis, fungsi, dan prinsip kerja motor servo yang memiliki banyak kelebihan sehinga dapat digunakan sebagai penggerak dalam bidang robotik ataupun bidang industrial.\

pelajari juga wikipedia https://en.wikipedia.org/wiki/Servomotor

 
Chat via Whatsapp